Facebook
RSS

Financial Statement dan Financial Reporting

-
addidnugroho


Sering istilah financial statement dan financial reporting tertukar dalam praktiknya. Padahal esensi keduanya adalah berbeda. Mari kita bahas satu persatu untuk menarik benang merahnya.

Financial Statement
Frase Financial Statement mengindikasikan bahwa yang diterangkan adalah sebuah benda (statement), dan benda yang diterangkan tersebut berhubungan dengan sifat (keuangan). Intinya laporan keuangan ini berbentuk dalam wujud yang nyata. Wujud nyata itu adalah 5 laporan keuangan entitas. Laporan itu adalah:

  1. Laporan Posisi Keuangan (Statement of Finansial Position)
  2. Laporan Laba Rugi Komprehensif (Statemenf of Comprehensive Income)
  3. Laporan Perubahan Ekuitas (Statement of Changes in Equity)
  4. Laporan Arus Kas (Statement of Cash Flows)
  5. Catatan atas Laporan Keuangan (Notes)

Financial Reporting
Frase Financial Reporting mengindikasikan bahwa yang diterangkan adalah sebuah proses (reporting), dan proses yang diterangkan tersebut berhubungan dengan sifat (keuangan). Intinya pelaporan keuangan ini adalah sebuah proses pembuatan laporan keuangan, yang mengungkapkan laporan keuangan itu sendiri beserta dokumen-dokumen pendukung lainnya. Contoh dokumen pendukung lainnya adalah:

  • Laporan harga pokok produksi
  • Laporan penggajian
  • Laporan rekapitulasi biaya makan karyawan
  • Laporan umur piutang

Dari uraian diatas, jelas bahwa tujuan pembuatan laporan keuangan (financial statement) adalah sebagai sumber informasi dalam pengambilan keputusan pihak eksternal seperti investor, pemberi kredit, pemerintah dan masyarakat. Sedangkan tujuan pelaporan keuangan (financial reporting) adalah untuk meciptakan laporan keuangan dan dokumen-dokumen penting lainnya yang akhirnya digunakan untuk pengambilan keputusan internal perusahaan.


SUMBER:
http://wiki.ifrs.com/Financial-Statement-Presentation
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=927540


Tulisan Original  Aditya Nugroho
Pertanyaan dan diskusi dapat melalui email : addidnugroho@gmail.com

Leave a Reply